Senin, 10 Desember 2012

Membuat Form Seperti form Microsoft Office 2007

Standard

Agar pengguna nyaman dengan program yang kita buat, tentunya tampilan program harus dibuat semenarik mungkin. kali ini saya akan menshare bagaimana membuat form yang menarik, yaitu dengan membuat orm seperti form ms.ofice 2007. Tentunya kita tahu bahwa tambilan GUI ms.office 2007 sangat nyaman dipandang dan dipakai oleh pemakainya, maka dari itu saya akan menshare bagaimana cara membuat form seperti form buatan microsoft tersebut.
1. Pertama siapkan bahanya yaitu  file bernama DevComponents.Dotnetbar2.dll  ( googling sendiri yach ).
2. Taruh file tersebut ditempat yang mudah kita jangkau tetapi jauhkan file tersebut dari jangkauan anak -anak.
3. Buatlah project baru untuk pembuatan form ini.
4. Manipulasi tampilan form.
    Buka solution explorer klik kanan pada preferences lalu pilih add Refeence. lalu pilih file yang sudah didownload tadi lalu klik ok.




kemudian aktifkan form designer  ganti item yang terblok denganvDvComponets.DotNetBar.Office2007Form


  Lihatlah pada tab form designer (GUI) formnya telah berubah seperti form pada ms.office 2007 dengan ciri yang khas yaitu tombol conrol form yang flat.

5. Menambah kan tool - tool control ms.office 2007.
   Untu k menyempurnakan ritual ini, tidak lah cukup hanya dengan tampilan form, tetapi juga harus dibumbui dengan control control khas besustan ms.office '07.  Pertama klik kanan pada sebuah tab pada toolbox ms.visual studio pilih add new tab lalu ketikan sebuah nama tab baru misalnya villager. Kemudian klik kanan pada tab tersebut lalu pilih Choose Item, seperti gambar dibawah ini:

 

Langkah selanjutnya adalah browse dimana file DevComponen.dotnetbar2.dll di parkir. Kemudian klik OK dan liat anda akan terkejut karena pada toolbox muncul control - control khas ms.office yang sedang kita kita idamkan.

 
Selanjutnya adalah kreatifitas kita dalam merancang form untuk pembuatan program yang menarik dan tentunya berguna untuk kegiatan yang positif.




Demikian semoga bermanfaat, terima kasih. " Salam blogger.."


0 komentar:

Posting Komentar